Logo Bloomberg Technoz

Airlangga Targetkan 41 PSN Senilai Rp554 T Rampung Tahun Ini

Azura Yumna Ramadani Purnama
14 May 2024 14:20

Proyek PSN Kementerian PUPR (Dok. Kementerian PUPR)
Proyek PSN Kementerian PUPR (Dok. Kementerian PUPR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menargetkan 41 Proyek Strategis Nasional (PSN) dengan nilai investasi mencapai Rp554 triliun rampung pada 2024. 

Menko Perekonomian Airlangga Hartarto menjelaskan beberapa indikator yang perlu dicapai oleh seluruh PSN tersebut dari penyelesaian seluruh perizinan dan pengadaan lahan, kesepakatan finansial (financial close), groundbreaking, hingga penyelesaian konstruksi.

“Tentu kita melihat kedepan ada target penyelesaian PSN dan yang harus diselesaikan di 2024 itu ada kira-kira 41 proyek dengan nilai Rp554 triliun, yang harus diselesaikan terkait perizinan, isu lingkungan, lahan, pembiayaan dan konstruksi,” kata Airlangga dalam sambutannya di acara Rakernas PSN, Selasa (14/5/2024).

Terkait itu, ia menyebut bahwa agar seluruh PSN yang telah ditetapkan dapat rampung sesuai target, maka diperlukan dukungan dari berbagai pihak utamanya dalam beberapa isu.

Pertama, pada isu perizinan dan penyiapan lahan. Airlangga menyebut isu ini perlu dukungan fasilitasi percepatan perizinan dan koordinasi dengan Kementerian/Lembaga (K/L) teknis terkait.