Logo Bloomberg Technoz

KPK Sita Mobil Mercedez Benz Milik SYL yang Disembunyikan

Muhammad Fikri
14 May 2024 14:10

Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menemukan dan menyita sebuah mobil jenis Mercedes Benz Sprinter 315 CD di Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Mobil berwarna hitam tersebut diduga milik terdakwa kasus dugaan korupsi pemerasan dan penerimaan gratifikasi eks Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo (SYL).

"Temuan dari Tim Aset Tracing dari Direktorat Pelacakan Aset Pengelolaan Barang Bukti dan Eksekusi KPK, mobil ini disembunyikan di wilayah Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu Jaksel," kata juru bicara KPK, Ali Fikri, Selasa (14/5/2024).

Menurut dia, SYL diduga sengaja menyembunyikan kendaraan tersebut agar tak terdeteksi KPK. Dalam kasus korupsi, KPK mendakwa SYL menerima gratifikasi dari pejabat eselon kementan mencapai Rp85 miliar pada 2020-2023. Bahkan, SYL kemudian juga tengah dituduh melakukan TPPU.

"Sengaja disembunyikan dan dipindahtangankan serta kemudian  didapati dalam penguasaan dari orang terdekat Tersangka [SYL] tersebut," kata Fikri.

"Selanjutnya dijadikan sebagai barang bukti dalam berkas perkara TPPU dan berikutnya juga akan dikonfirmasi pada saksi-saksi termasuk Tersangka."

KPK sita mobil Mercedes Benz Sprintes 315 CD milik SYL. (Dok. KPK)