Logo Bloomberg Technoz

Chery Recall Omoda 5 di RI, Buntut As Roda Belakang Patah

Pramesti Regita Cindy
14 May 2024 11:00

Chery Omoda E5 di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Chery Omoda E5 di pamerkan dalam ajang IIMS 2024 di JIExpo, Jakarta, Kamis (15/2/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Chery Sales Indonesia (CSI) resmi melakukan penarikan kembali atau recall sebanyak 420 unit Omoda 5 di pasaran Indonesia. Recall tersebut dilakukan karena sumbu roda belakang berpotensi patah. Kejadian tersebut bahkan telah terjadi kepada pelanggan Chery di Malaysia.

Menyusul temuan tersebut, Chery Internasional lantas melakukan investigasi secara mendalam terhadap vendor komponen selongsong sumbu roda belakang (rear axle) yang terdampak dari pembaharuan fasilitas manufaktur pada waktu tertentu. Berdasarkan hasil investigasi tersebut, kejadian ini sangat jarang terjadi.

"Demi alasan keselamatan kami berhasil mengidentifikasi 420 unit Omoda 5 1.5T [Z dan RZ] yang berpotensi terdampak di Indonesia. Sebagai langkah antisipasi, Chery Sales Indonesia memutuskan untuk menghubungi konsumen yang berpotensi terdampak untuk melakukan pemeriksaan di Dealer Chery terdekat," tulis Chery dalam keterangan resminya, dikutip Selasa (14/5/2024).

Chery Omoda E5 dipamerkan dalam ajang PEV 2024 di JIExpo, Jakarta, Selasa (30/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Adapun, 420 unit yang terdampak ini didapatkan berdasarkan nomor rangka kendaraan. Jika dari hasil pemeriksaan ditemukan adanya potensi dari permasalahan yang dimaksud, maka akan dilakukan pergantian suku cadang tanpa dikenakan biaya.

"Kami pastikan ini hanya berlaku untuk 420 unit OMODA 5 1.5 T [Z dan RZ] dan masalah ini tidak berdampak pada produk Chery yang lain," sambungnya.