Logo Bloomberg Technoz

Harga Minyak Stabil Jelang Laporan OPEC & Data Inflasi AS

News
14 May 2024 07:10

Fasilitas kilang minyak Rusia
Fasilitas kilang minyak Rusia

Yongchang Chin - Bloomberg News

Bloomberg, Harga minyak bertahan stabil sebelum rilis laporan outlook pasar OPEC. Para pelaku pasar tengah mencari petunjuk tentang apakah pembatasan pasokan akan diperpanjang, dan juga memperhatikan data inflasi AS yang akan mempengaruhi ekspektasi kebijakan moneter.

Minyak West Texas Intermediate (WTI) diperdagangkan di atas US$79 per barel setelah naik 1,1% pada Senin (13/05/2024). Sementara patokan global Brent ditutup mendekati US$83. 

Dengan meningkatnya stok AS dan menyempitnya spread (selisih harga minyak kontrak pengiriman berbeda) yang menunjukkan pasar sedikit melemah, laporan bulanan mendalam dari OPEC ini muncul sekitar dua minggu sebelum para anggotanya bertemu untuk memutuskan kebijakan.

Di AS, data indeks harga produsen (IHP) yang dirilis Selasa (14/05/2024) nanti, diikuti oleh data inflasi konsumen (IHK) pada hari berikutnya, akan memberikan petunjuk tentang apakah bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) memiliki kelonggaran untuk menurunkan suku bunga di akhir tahun, atau ekspektasi penurunan suku bunga akan tertunda ke tahun 2025.