Logo Bloomberg Technoz

Curiga Spionase, AS Usir Penambang Kripto China Dekat Markas AU

News
14 May 2024 06:50

Ilustrasi aset digital kripto. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi aset digital kripto. (Dok: Bloomberg)

Viktoria Dendrinou - Bloomberg News

Bloomberg, Pemerintah Amerika Serikat (AS) memerintahkan perusahaan penambangan kripto asal China untuk mengosongkan dan menjual properti yang dibelinya dekat pangkalan Angkatan Udara (AU) Wyoming yang menyimpan rudal balistik antarbenua, dengan menyebut perusahaan itu sebagai ancaman keamanan nasional.

Melalui sebuah perintah, Gedung Putih menyatakan bahwa MineOne Partners Ltd beserta afiliasi dan perusahaannya "mungkin mengambil tindakan yang mengancam keamanan nasional" Amerika Serikat. Perusahaan tersebut harus melepaskan kepemilikan properti yang dibelinya pada 2022 di dekat Pangkalan Angkatan Udara F.E. Warren yang menyimpan rudal nuklir AS.

MineOne menolak berkomentar.

Para pejabat federal dan negara bagian telah memperingatkan tentang apa yang mereka sebut sebagai pola perusahaan China yang membeli tanah dekat instalasi militer AS. Para anggota legislatif di puluhan negara bagian telah mengajukan undang-undang yang akan melarang bisnis dan warga negara China yang terkait dengan China untuk membeli tanah dekat pangkalan militer.