Logo Bloomberg Technoz

Peringatan Wall Street: Ketenangan Pasar Berakhir usai Rilis IHK

News
14 May 2024 05:50

Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi pasar saham AS atau Wall Street. (Dok: Bloomberg)

Jessica Menton - Bloomberg News

Bloomberg, Meja trading terkemuka di Wall Street, dari JPMorgan Chase & Co hingga Citigroup Inc, memperingatkan bahwa investor harus bersiap menghadapi potensi berakhirnya ketenangan yang menyelimuti pasar.

Berdasarkan harga "at-the-money straddle" (straddle pada harga pasar) hari itu, pasar opsi bertaruh bahwa Indeks S&P 500 akan bergerak 1% ke salah satu arah setelah laporan indeks harga konsumen (IHK) atau consumer price index (CPI)  pada Rabu (15/05/2024), menurut Andrew Tyler, kepala Intelijen Pasar AS di meja trading JPMorgan Chase. Sementara bagi Stuart Kaiser, kepala strategi perdagangan ekuitas AS di Citigroup, pasar yang lebih luas bersiap untuk pergerakan di sekitar CPI yang sesuai dengan ekspektasi pada 23 Mei - sehari setelah Nvidia Corp menyampaikan laporan pendapatan terbarunya.

Laporan CPI akan diawasi ketat oleh para trader untuk mendapatkan sinyal tentang seberapa besar bank sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) dapat menurunkan suku bunga tahun ini. Namun menurut Tyler, fokus para trader terhadap laporan CPI dan cara mereka memasang taruhan dalam berbagai skenario adalah bagian yang menjadi perbedaan potensi pergerakan indeks ekuitas.

"Risiko utama adalah data CPI yang lebih tinggi," tulis Tyler dan timnya dalam catatan kepada klien pada Senin (13/05/2024). 

Proyeksi IHK. (Sumber: Bloomberg)