Logo Bloomberg Technoz

“Secara umum permodalan di industri asuransi komersil tetap solid, dengan industri asuransi jiwa dan asuransi umum mencatatkan Risk Based Capital (RBC) yang di atas threshold masing-masing sebesar 448,76% dan 335,97%, jauh di atas threshold sebesar 120%,” papar Ogi.

“Untuk asuransi non komersil yang terdiri dari aset BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan serta program asuransi ASN, TNI, dan POLRI terkait program jaminan kecelakaan kerja dan jaminan kematian, total aset tercatat sebesar Rp219,82 triliun atau tumbuh 0,27 persen yoy.”

Selain hal itu, kata Ogi, terdapat beberapa aspek lainnya yang perlu ditingkatkan dari perusahaan penyedia layanan asuransi, termasuk perbaikan kelembagaan.

Dalam hal itu, ia menyampaikan pihaknya telah berencana akan mengeluarkan surat edaran terkait produk asuransi kesehatan. Namun, akan didahului dengan pembahasan mendalam bersama beberapa pihak terkait, yakni OJK, asosiasi, pelaku usaha, hingga Kementerian Kesehatan.

“Jadi kita benar-benar ingin agar produk ini punya benefit [keuntungan] bagi para pemegang polis, tapi juga berikan potensi keuntungan bagi perusahaan asuransi yang menjual produk ini,” ujar Ogi.

(wep)

No more pages