Logo Bloomberg Technoz

Sebagai informasi, proyek MRT Timur ke Barat ini akan terbagi menjadi dua fase. Fase 1, mencakup area DKI Jakarta dengan target konstruksi paling lambat pada 2024. Fase 2, meliputi Banten dan Jawa Barat dengan target mulai operasi pada 2033.

Fase 1 akan terbagi kembali menjadi stage 1 sepanjang 24,5 kilometer yang akan melalui Tomang, Dukuh Atas, Senen, Perintis hingga Medan Satria dan stage 2 sepanjang 9,2 kilometer yang melalui Tomang dan Kembangan.

Adapun, untuk MRT fase ke 2 akan terbagi menjadi sepanjang 29,9 kilometer yang akan melalui Kembangan, Kelapa Dua, hingga Balaraja, sepanjang 20,4 kilometer yang akan melalui Medan Satria dan Cikarang.

Proyek ini juga akan menerapkan Persyaratan Khusus untuk Kemitraan Ekonomi (STEP) yang bertujuan untuk memanfaatkan teknologi unggulan Jepang dalam konstruksi terowongan bawah tanah, sarana perkeretaapian, dan sistem sinyal.

Sementara itu, suku bunga untuk pinjaman ini sebesar 0,3% per tahun, serta 0,2% per tahun untuk konsultan, dengan masa pengembalian 40 tahun, termasuk masa tenggang 10 tahun.

(prc/wdh)

No more pages