Logo Bloomberg Technoz

Upaya ini akan menghasilkan sekitar 3.000 pekerjaan tambahan. Di sektor farmasi, Pfizer akan menginvestasikan kembali €500 juta di negara ini, sementara AstraZeneca menghabiskan sekitar €365 juta di wilayah Dunkirk, Elysee menambahkan.

Microsoft berencana menghabiskan €4 miliar untuk membangun infrastruktur cloud dan AI di Prancis, kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan. Hal ini bertujuan untuk membantu melatih satu juta orang dan mendukung 2.500 perusahaan rintisan pada tahun 2027 di negara tersebut.

Microsoft tahun ini mengumumkan kemitraan dan investasi sebesar €15 juta untuk Mistral AI, sebuah perusahaan rintisan di Paris yang bersaing dengan OpenAI.

Morgan Stanley memperluas kampus Eropa di ibu kota Prancis, yang akan menjadi pusat penelitian global, Menteri Keuangan Bruno Le Maire mengatakan pada Sabtu. Bank asal Amerika Serikat ini telah menambah jumlah karyawan di Paris menjadi sekitar 400 orang dari sebelumnya 150 orang sejak tahun 2021.

Bank ini akan menambah 100 staf di semua divisi di Paris, termasuk pusat penelitian dan pengembangannya, yang saat ini memiliki 90 karyawan dan dapat bertambah menjadi 120 orang, menurut juru bicara Morgan Stanley.

First Abu Dhabi Bank dan Zenith Bank dari Nigeria juga akan membuka kantor di Paris, tambah menteri. Operasi-operasi tersebut akan membantu perusahaan-perusahaan Perancis berinvestasi di Teluk dan di Afrika yang berbahasa Inggris, dan menunjukkan bahwa Paris menjadi lokasi utama bagi para pemain di seluruh dunia, menurut Le Maire.

Investasi lain yang dipratinjau oleh Le Maire termasuk dua pabrik untuk membantu menjadikan Prancis sebagai pemimpin "industri dekarbonisasi". KL1 yang berbasis di Swiss akan menginvestasikan €300 juta (US$324 juta) di pabrik pemurnian nikel dengan 200 karyawan di Blanquefort, dekat Bordeaux. Logam ini merupakan komponen utama baterai untuk kendaraan listrik.

Perusahaan baru asal Jerman, Lilium, akan membangun pabrik senilai €400 juta untuk merakit jet listrik lepas landas vertikal di barat daya Prancis, menciptakan sebanyak 850 lapangan kerja, kata Le Maire.

Konsorsium Eropa FertigHy berencana untuk menginvestasikan €1,3 miliar di sebuah pabrik di utara Prancis pada tahun 2030 untuk memproduksi pupuk nitrogen rendah karbon, menteri industri Roland Lescure mengatakan dalam sebuah wawancara dengan La Tribune pada Minggu. Grup bahan kimia Belgia, Solvay, diperkirakan akan meluncurkan unit produksi tanah jarang di lokasi La Rochelle dengan biaya €100 juta, tambahnya.

Proyek-proyek lainnya diharapkan akan diumumkan pada Senin. Sekitar €3 miliar proyek-proyek yang berhubungan dengan teknologi dan AI akan diumumkan, les Echos melaporkan pada 9 Mei, dengan pusat-pusat data baru yang akan dibangun oleh KDDI dan Equinix.

Prancis sering dikritik karena undang-undang ketenagakerjaannya yang ketat, regulasi, dan tekanan politik terhadap perusahaan-perusahaan, dan sedang menyusun sebuah rencana baru untuk meningkatkan daya tarik Paris sebagai pusat keuangan Eropa. Langkah-langkah tersebut telah mendorong perusahaan-perusahaan lain dari Asia, Timur Tengah, Kanada, dan Australia untuk mempertimbangkan pemindahan bisnis ke Paris.

Paris dalam beberapa tahun terakhir telah berkembang sebagai pusat keuangan, menarik bank dan hedge fund yang mencari pijakan di Uni Eropa setelah Brexit. Pemungutan suara Inggris pada tahun 2016 untuk meninggalkan Uni Eropa memaksa bank-bank terbesar di Wall Street untuk menyesuaikan operasi mereka untuk memastikan bahwa mereka memperdagangkan aset-aset Eropa--mulai dari obligasi pemerintah, produk suku bunga, hingga ekuitas--di dalam 27 negara yang masih berada di blok tersebut.

Le Maire akan menjadi tuan rumah makan siang pada Senin dengan para bankir papan atas, dengan para tamu yang akan hadir termasuk Chief Executive Officer JPMorgan Chase Jamie Dimon, salah satu pendiri KKR Henry Kravis, CEO Goldman Sachs David Solomon, dan kepala Bank of America Brian Moynihan.

(bbn)

No more pages