Logo Bloomberg Technoz

“Sehubungan dgn perkembangan aktivitas kegiatan aset kripto di Indonesia, dapat disampaikan jumlah investor dan transaksi terus menunjukkan peningkatan,” ucap Hasan.

Pada Januari lalu OJK  mencatat jumlah transaksi di industri kripto mencapai Rp17,09 triliun per November tahun 2023 dengan total investor mencapai 18,25 juta orang.

Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital & Aset Kripto OJK, Hasan Fawzi saat RDK Bulanan April 2024 (YT OJK)

Jelang akhir tahun lalu memang terjadi pembalikan arah,  dari tren penurunan yang terjadi pada periode sebelumnya, “sejak adanya momentum berakhirnya pandemi Covid-19,” kata Hasan yang menjabat Kepala Eksekutif Pengawas Inovasi Teknologi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital dan Aset Kripto OJK.

Chief Executive Officer (CEO) Indodax Oscar Darmawan menambahkan industri kripto dalam negeri akan mengikuti gerak global, utamanya pada Bitcoin, dengan dua katalis rencana peluncuran ETF Bitcoin Spot dan sebentar lagi dunia memasuki periode halving.

VP Corporate Communication TokoCrypto Rieka Handayani sebelumnya menegaskan bahwa industri kripto di Indonesia telah mendapat dukungan dari sisi regulasi - termasuk dimulainya peralihan peran pengawasan dan operasi dari Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) ke OJK, juga didukung oleh tingginya minat generasi mudah di industri.

“Generasi muda yang sangat familiar dengan teknologi digital cenderung lebih terbuka terhadap investasi dalam aset digital. Hal ini kemungkinan akan meningkatkan permintaan terhadap aset digital di masa depan,” pungkas dia.

(wep/roy)

No more pages