Logo Bloomberg Technoz

Tarif Sewa Kantor di Daerah Elite Makin Murah, Ini Masalahnya

Pramesti Regita Cindy
13 May 2024 15:50

Aktivitas pengendara di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Indonesia (Dok Bloomberg/Muhammad Fadli)
Aktivitas pengendara di Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Indonesia (Dok Bloomberg/Muhammad Fadli)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Jones Lang LaSalle Incorporated (JLL) Indonesia melaporkan harga sewa kantor atau properti ruang perkantoran di wilayah central bussines district (CBD) terus mengalami penurunan pada kuartal I-2024 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya.

"Selama kuartal I-2024, tarif sewa mengalami penurunan sebesar 1,6%," kata Head of Research JLL Yunus Karim dalam media briefing, Senin (13/5/2024).

Meskipun tingkat keterisian atau okupansi kantor di wilayah CBD diklaimnya tetap stabil di angka 70% pada kuartal pertama 2024, ketidakpastian global membuat sejumlah perusahaan lebih berhati-hati dalam mengambil keputusan untuk sewa kantor di distrik bergengsi tersebut. 

Selain itu, Yunus menyebut ada kecendrungan di pasar, di mana penyewa mulai beralih ke gedung baru dengan kualitas lebih bagus, tetapi kuantitas permintaannya masih terbatas.

"Meskipun ada tanda-tanda pemulihan bertahap, pasar masih terpengaruh oleh langkah-langkah penghematan biaya dan penerapan strategi tempat kerja yang baru. Hasilnya, upaya perampingan menjadi nyata, bahkan di kalangan kelompok mapan dan perusahaan multinasional, karena mereka menyederhanakan kebutuhan ruang kerja mereka." 

Penumpang menaiki bus Transjakarta di kawasan Jalan Jend. Sudirman, Jakarta, Senin (8/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)