Logo Bloomberg Technoz

Mesir Ikut Afrika Selatan Gugat Agresi Israel ke Gaza di ICJ

Redaksi
13 May 2024 14:30

Para pengunjuk rasa pro palestina memblokir jalan di luar Museum Seni Metropolitan di New York, AS, Rabu (7/2/2024). (Yuki Iwamura/Bloomberg)
Para pengunjuk rasa pro palestina memblokir jalan di luar Museum Seni Metropolitan di New York, AS, Rabu (7/2/2024). (Yuki Iwamura/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Mesir pada Minggu mengatakan akan melakukan intervensi untuk mendukung kasus Afrika Selatan terhadap Israel di Mahkamah Internasional (ICJ), dengan alasan meningkatnya skala operasi Israel di Gaza dan dampaknya terhadap warga sipil.

Melansir Reuters, Senin (13/5/2024), langkah ini menyoroti meningkatnya ketegangan antara kedua negara bertetangga ini seiring dengan operasi Israel di kota perbatasan Rafah yang menguji kesepakatan jangka panjang dan kerja sama keamanan.

"Pengumuman intervensi dalam kasus ini muncul mengingat perluasan ruang lingkup dan skala pelanggaran Israel terhadap warga sipil di Gaza," kata kementerian luar negeri Mesir, tanpa merinci intervensi apa yang akan dilakukan. Mesir di masa lalu telah menyampaikan argumen-argumen dalam kasus ini.

Afrika Selatan meminta pengadilan pada Jumat untuk memerintahkan Israel menarik diri dari Rafah sebagai bagian dari tindakan darurat tambahan dalam kasus yang sedang berlangsung yang menuduh Israel melakukan tindakan genosida.

Sumber-sumber keamanan Mesir mengatakan kepada Reuters bahwa para pejabat Mesir telah menyampaikan kepada Israel bahwa mereka menyalahkan tindakan Israel atas hubungan bilateral yang tegang dan gagalnya perundingan gencatan senjata yang dilakukan oleh delegasi dari Hamas, Israel, AS, Mesir, dan Qatar di Kairo.