Logo Bloomberg Technoz

"Anda tidak akan percaya ini, tapi Harvard dulunya adalah tempat yang bagus untuk bersekolah - sekarang Duke," kata Seinfeld kepada penonton di Durham, North Carolina, di mana Duke memberikan hampir 7.000 gelar, termasuk gelar doktor seni kehormatan kepada sang komedian.

Perkemahan-perkemahan aksi pro-Palestina para mahasiswa masih terlihat di kampus Harvard sampai akhir pekan lalu. Berbeda dengan MIT dan Penn yang sudah membersihkan perkemahan tersebut dari pekan lalu.

Di University of California, Berkeley, sekelompok kecil demonstran pro-Palestina muncul selama upacara wisuda di California Memorial Stadium pada hari Sabtu. Mereka melambaikan bendera dan meneriakkan yel-yel. Juru bicara universitas mengatakan para pengunjuk rasa meninggalkan stadion secara sukarela, tanpa kekerasan atau penangkapan. Upacara pun tetap berjalan sesuai rencana.

Menurut laporan Associated Press, segelintir mahasiswa menggelar protes yang hening di Camp Randall Stadium, University of Wisconsin-Madison (UW). Tidak ada satu pun penangkapan yang dilakukan.

"Sedikit dari ribuan mahasiswa yang menghadiri wisuda hari Sabtu memilih untuk mengekspresikan diri mereka. Namun, upacara itu sendiri tidak dihentikan," kata juru bicara UW Madison John Lucas via email.

Kelompok Garis Keras Divestasi

Tanggapan terhadap kerusuhan ini berbeda-beda di setiap universitas, meskipun sebagian universitas terkaya memberi sinyal bahwa mereka tidak akan menyerah pada tuntutan untuk menarik investasi dari perusahaan-perusahaan yang terkait dengan Israel.

Columbia University, tempat perkemahan-perkemahan tersebut dimulai, membatalkan wisada di seluruh universitas pekan lalu. Keputusan ini dibuat setelah protes memuncak di universitas, hingga memicu penggerebekan polisi dan lebih dari 100 orang ditangkap setelah puluhan orang membarikade diri di dalam gedung universitas.

University of Southern California menggelar wisuda yang diperkecil pada Kamis (09/05/2024), jauh berbeda dari wisuda besar yang biasanya mendatangkan 65.000 orang ke Los Angeles. Sebelumnya, pihak universitas membatalkan pidato kelulusan tahun 2024 karena postingan di media sosialnya tentang Timur Tengah. Komedian Jimmy Kimmel dan Will Ferrell ikut menyampaikan pesan yang telah direkam sebelumnya pada para wisudawan.

MIT memberikan empat peringatan bahwa pengunjuk rasa akan ditangkap jika mereka tidak meninggalkan perkemahan hingga Jumat pagi dengan menangkap 10 pengunjuk rasa. Presiden Sally Kornbluth mengatakan dia "tidak punya pilihan selain menghilangkan titik api yang berisiko tinggi di pusat kampus kami."

University of Chicago menyatakan aspek tuntutan para pengunjuk rasa yang "keras kepala dan tidak fleksibel" tidak sesuai dengan prinsip netralitas institusi. Kamp mahasiswa pun dibersihkan minggu lalu setelah sembilan hari.

Harvard, yang mulai menskors mahasiswa pada hari Jumat, juga mengisyaratkan bahwa administrator mulai kehabisan kesabaran dengan pengunjuk rasa yang telah mendirikan tenda di Harvard Yard, di mana upacara wisuda dengan lebih dari 30.000 orang dijadwalkan pada 23 Mei.

Protes meletus di kampus-kampus AS setelah serangan militer Israel ke Gaza. Tuntutan pengunjuk rasa termasuk divestasi perguruan tinggi dari entitas terkait Israel, yang menurut mereka disimpan dalam dana abadi perguruan tinggi.

George Washington University di Washington, sekolah dengan 26.000 siswa yang menjadi target tuduhan bermuatan politik atas protes pro-Palestina di kampusnya, tetap mempertahankan wisuda sesuai jadwal pada 19 Mei.

Orang-orang yang mengganggu acara di National Mall di ibu kota negara akan diminta pergi atau "mereka akan dibawa pergi oleh penegak hukum," menurut universitas.

(bbn)

No more pages