Logo Bloomberg Technoz

Wisuda di Kampus-kampus AS Diwarnai Demo Pro-Palestina

News
13 May 2024 10:50

Mahasiswa pedemo Pro-Palestina di University of Texas (UT) di Austin berhadapan dengan kepolisian. (Fotografer: Jordan Vonderhaar/Bloomberg)
Mahasiswa pedemo Pro-Palestina di University of Texas (UT) di Austin berhadapan dengan kepolisian. (Fotografer: Jordan Vonderhaar/Bloomberg)

Janet Lorin, Alicia Diaz dan Francesca Maglione - Bloomberg News

Bloomberg, Sudah cukup.

Itulah pesan dari Massachusetts Institute of Technology (MIT) hingga University of Pennsylvania, dari Columbia University hingga University of Chicago di tengah tindakan tegas perguran-perguruan tinggi di Amerika Serikat (AS) terhadap para mahasiswa yang berdemonstrasi terkait perang di Palestina.

Musim wisuda sedang berlangsung dan pihak keluarga mahasiswa berdatangan ke kampus-kampus tersebut untuk meryakannya, meningkatkan risiko bagi para administrator yang berusaha memastikan keamanan publik. Demonstrasi kecil-kecilan oleh aktivis pro-Palestina tetap diadakan pada wisuda akhir pekan lalu, termasuk di Duke University dan University of California di Berkeley.

Komika Jerry Seinfeld menghindari pembicaraan tentang protes di Duke, di mana sekitar 30 mahasiswa meneriakkan "Free Palestine" dan melambaikan bendera saat presiden universitas memperkenalkannya sebagai pembicara utama. Seinfeld, yang secara terbuka mendukung Israel sejak serangan 7 Oktober, menyindir Harvard University.