Logo Bloomberg Technoz

KPK Hadirkan 8 Pegawai Kementan jadi Saksi Sidang SYL Hari Ini

Muhammad Fikri
13 May 2024 10:40

Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)
Dugaan Korupsi SYL; Duit Kementan untuk Gaji ART hingga Sewa Jet (Bloomberg Technoz/Arie Pratama)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Sidang mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) dalam kasus dugaan korupsi pemerasan dan penerimaan gratifikasi di Kementerian Pertanian 2020-2023 kembali digelar hari ini. Jaksa Penuntut Umum (JPU) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) rencananya menghadirkan delapan pegawai Kementan untuk menjadi saksi tentang dugaan aliran uang pribadi dan kementerian dari pejabat eselon kepada SYL.

"[Untuk] menguatkan fakta-fakta persidangan sebelumnya dalam persidangan Terdakwa Syahrul Yasin Limpo dkk," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri saat dihubungi Bloomberg Technoz, Senin (13/5/2024)

Saksi yang dihadirkan hari ini adalah Andi Nur Alam, Dirjen Perkebunan Kementan; Muhammad Saleh Muktar, Direktur Perbenihan Dirjen Perkebunan Kementan; Sukim Supandi, Kabag Umum Dirjen Perkebunan Kementan; dan Nasrullah, Dirjen Peternakan Kesehatan Hewan Kementan. 

Selain itu Arif Budiman, Kabag Umum Setdijen Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH); Makmun, Sekretaris Dirjen PKH; Ali Jamil Harahap, Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan; dan M Jamil Bahruddin, Kabag Umum Dirjen Prasarana dan Sarana Pertanian Kementan juga terdaftar menjadi saksi hari ini.

Sebelumnya, sejumlah saksi yang juga berasal para pejabat eselon Kementan mengungkap sejumlah urunan dari anggaran serta uang pribadi yang digunakan untuk kebutuhan SYL. Uang tersebut dikatakan dipergunakan untuk kegiatan SYL seperti biaya pemesanan makan online harian, penyewaan jet pribadi, pembelian hewan kurban, dan biaya umroh.