Logo Bloomberg Technoz

Korsel Siapkan Program Rp116 T Dukung Industri Semikonduktor

News
12 May 2024 19:00

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan PM Jepang Fumio Kishida. (Sumber: Bloomberg)
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden bersama Presiden Korea Selatan (Korsel) Yoon Suk Yeol dan PM Jepang Fumio Kishida. (Sumber: Bloomberg)

Yoolim Lee - Bloomberg News

Bloomberg, Korea Selatan sedang mempersiapkan sebuah program untuk menyediakan lebih dari 10 triliun won ($7,3 miliar atau sekitar Rp116,16 triliun) untuk memperkuat industri semikonduktor yang sangat penting di negara tersebut, menurut Menteri Keuangan Choi Sang-mok. 

Pada hari Jumat, Choi bertemu dengan para produsen bahan, suku cadang, dan peralatan chip lokal untuk mendiskusikan opsi-opsi pendanaan potensial untuk program ini. Kementerian keuangan merilis sebuah pernyataan pada hari Minggu yang mengindikasikan bahwa pemerintah sedang mempertimbangkan berbagai cara untuk mendukung industri ini.

Di antara opsi-opsi yang sedang dipertimbangkan adalah pembiayaan kebijakan dari Korea Development Bank milik negara atau dana gabungan dari publik, swasta, dan pembiayaan kebijakan. Rinciannya akan segera diumumkan, menurut Choi, yang juga menjabat sebagai wakil perdana menteri Korea Selatan.

Langkah ini dilakukan ketika pemerintah Amerika Serikat (AS) menekan negara-negara sekutunya, termasuk Korea Selatan, untuk lebih memperketat pembatasan akses China ke teknologi semikonduktor.