Logo Bloomberg Technoz

BI & UEA Teken Kerjasama Transaksi Mata Uang Lokal

Azura Yumna Ramadani Purnama
12 May 2024 18:00

Konfrensi pers mengenai perkembangan ekonomi terkini. (Youtube Bank Indonesia)
Konfrensi pers mengenai perkembangan ekonomi terkini. (Youtube Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) dan Bank Sentral Uni Emirat Arab (UEA) menandatangani kerjasama penggunaan mata uang lokal untuk transaksi yang dilakukan antar negara itu.

Gubernur BI Perry Warjiyo dan Gubernur Bank Sentral UEA Khaled Mohamed Balama meneken Memorandum of Understanding (MoU) untuk mendorong penggunaan mata uang lokal untuk transaksi bilateral. Penandatanganan MoU tersebut sekaligus menjadi langkah peningkatan hubungan perdagangan antara kedua negara.

Menanggapi hal itu, Gubernur BI Perry Warjiyo menyampaikan bahwa inisiatif ini adalah salh satu langkah untuk meningkatkan stabilitas dan ketahanan ekonomi, kala meningkatnya kerentanan ekonomi.

“Pentingnya upaya memperdalam pasar keuangan dan memperkuat hubungan ekonomi Uni Emirat Arab dengan Indonesia melalui penggunaan mata uang lokal,” kata Perry dalam siaran pers, dikutip Minggu (12/5/2024).

Lebih lanjut, MoU memuat kerangka kerja dari beberapa elemen untuk memfasilitasi transaksi perdagangan antar negara menggunakan mata uang masing-masing negara, yakni Dirham UEA dan Rupiah.