Logo Bloomberg Technoz

Sudah banyak yang menggunakan metode tersebut pada abad akhir untuk menjaga umur dalam menyimpan makanan. Lalu bagaimana konsep mengenai ASI beku-kering?

ASI beku-kering merupakan proses mengubah ASI perah menjadi berbentuk bubuk. ASI yang diperah dan dibekukan harus disimpan dengan cara tepat, sehingga kondisinya tetap baik saat dikonsumsi bayi. 

Untuk dijadikan bubuk terlebih dahulu dibekukan suhu -40 derajat C. Kemudian susu tersebut melewati ruang hampa untuk menghilangkan udaranya. Susu mengalami sublimasi, suatu proses mengubah suatu zat dari padat langsung menjadi gas tanpa fase cair. 

Hasil setelah pengeringan beku akan meninggalkan bubuk yang tak mengandung uap air. Usai kandungan air seluruhnya ASI akan berbentuk seperti bubuk halus dan terlihat kasat mata seperti susu formula.

Mengapa ada orang memiliki pertimbangan untuk memilki ASI Beku-kering?

1. Keuntungan dari metode ini umur ASI beku-kering ini bisa mencapai masa kadaluwarsa hingga tiga tahun. Biasanya umur penyimpanan ASI Perah disarankan dalam penyimpanan pada lemari es hingga empat hari dan freezer selama enam bulan untuk  kualitasnya.

2. Orang tua yang sering bepergian atau tinggal di daerah yang sering terjadi bencana alam sangat membantu adanya ASI beku-kering ini. Berat massa pun tidak akan kehilangan dibandingkan ASI Perah yang dibekukan dari lemaris es atau freezer jadi mencair jika di bawa bepergian.

Risiko ASI Beku-kering

Kekhawatiran terbesar para profesional medis adalah ASI Beku-kering belum diteliti secara luas. Baik dari organisasi besar seperti Academy of Pediactrics (AAP), Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) atau Badan Pengawasan Obat dan Makanan (FDA) Amerika Serikat belum mengeluaran pernyataan resmi mengenai keamanan dan kemajuan ASI beku-kering ini.

ASI Beku-kering jadi tuai kritik

Baru-baru ini media sosial gempar dengan ASI Beku-kering yang diolah jadi bubuk. Hal ini bermula dari konten kreator TikTok Natasha Surya.

Ia membagikan pengalamannya ketika mengubah ASI menjadi bubuk. Dalam video tersebut Natasha mengirim ASI Perah froozen dalam cooler dengan jumlah 1 liter ke Milk's Journey.

Selang tak lama, ASIP frozen itu kemudian dikembalikan dalam bentuk box. Isi box tersebut terdapat 20 kemasan ASIP yang sudah dijadikan bubuk. Berat kemasan berisi 5 gram.

"Kalau dicairkan sama dengan 40-45 ml ASI," jelasnya.

Kemudian Natasha menjelaskan ASIP menjadi cair menjadi bubuk tak bisa dilakukan secara mandiri dan dibuat di rumah. Hal itu perlu memerlukan mesin khusus untuk proses pengeringan pembekuan dari bongkahan ASIP beku menjadi serbuk.

"Freeze drying ini mungkin lebih lumrah di luar negeri. Tekstur susu bubuk ASIP lebih kasar dari susu formula pada umumnya. Dan ASIP bubuk lebih cepat dilarutkan daripada susu formula," ungkapnya. 

"Warnanya mirip dengan ASIP frozen. Untuk rasanya sama persis kayak ASI," imbuhnya. 

Natasha juga menyebut kadaluwarsa dari ASIP bubuk tersebut bisa bertahan hingga 3 tahun dan bisa ditambah dengan campuran makanan atau minuman.

Selain itu, ia juga menunjukkan harga pembuatan ASIP ke bubuk. Untuk ukuran 1 liter Rp750 ribu hingga paling mahal ukuran 4 liter Rp2.250.000.

(dec/spt)

No more pages