Logo Bloomberg Technoz

Indonesia Waspada Virus Marburg

Ezra Sihite
28 March 2023 16:56

Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Dok. Kementerian Kesehatan)
Kementerian Kesehatan (Kemenkes). (Dok. Kementerian Kesehatan)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia waspada terhadap virus Marburg usai Badan Kesehatan Dunia (WHO) menerima laporan kasus terbaru penyakit akibat virus Marburg yang berasal dari Guinea Ekuatorial pada Senin 13 Februari 2023. Walaupun sampai saat ini belum dilaporkan kasus atau suspek penyakit Marburg di Indonesia namun pemerintah meminta agar masyarakat waspada.

Juru bicara Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Mohammad Syahril menyampaikan perlunya meningkatkan kewaspadaan terhadap virus ini.

“Kita perlu tetap melakukan kewaspadaan dini dan antisipasi terhadap penyakit virus Marburg,” ujar Mohammad Syahril sebagaimana rilis pers yang dikirimkan Kemenkes, Selasa (28/3/2023).

Berdasarkan laporan kasus yang diterima WHO, terdapat 9 kematian dan 16 kasus suspek yang dilaporkan di Provinsi Kie Ntem. Gejala yang dialami berupa demam, kelelahan (fatigue), muntah berdarah dan diare.

Dari 8 sampel yang diperiksa, 1 sampel dinyatakan positif virus Marburg. Kejadian Luar Biasa (KLB) di Guinea Ekuatorial yang terjadi diperkirakan telah dimulai sejak 7 Februari 2023.