Logo Bloomberg Technoz

Balai Besar Pengujian Minyak dan Gas Bumi (Lemigas) Kementerian ESDM mengatakan penghematan itu dibuktikan berdasarkan kalkulasi jumlah pemasangan jargas yang saat ini telah mencapai 900.000 sambungan.

Arifin mengatakan, industri diharapkan terus berkembang dengan program HGBT. Sebab, HGBT dinilai sebai salah satu upaya dalam meningkatkan daya saing (competitiveness) dari industri.

Sebelumnya, nasib kelanjutan HGBT usai 2024 terkatung-katung usai Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita tidak menghadiri rapat koordinasi bersama dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Keuangan Sri Mulyani dan Kepala SKK Migas Dwi Soetjipto pada Jumat (22/3/2024).

Adapun, kehadiran Kemenperin diwakili oleh Direktur Jenderal Industri Logam Mesin Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian Taufiek Bawazier.

“Belum ada keputusan, yang membawa hitungan [Menteri Perindustrian Agus Gumiwang] belum datang tadi,” ujar Arifin saat ditemui di kantornya, Jumat (22/3/2024).

Kebijakan HGBT sedianya tertuang dalam Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (Kepmen ESDM) Nomor 91/2023. Lalu, Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 121/2020 tentang Penetapan Harga Gas Bumi.

HGBT ditentukan serendah US$6/MMBtu untuk 7 sektor industri yang mencakup industri pupuk, petrokimia, oleokimia, baja, keramik, kaca, dan sarung tangan karet, yang berlaku hingga pengujung tahun ini.

-- Dengan asistensi Sultan Ibnu Affan

(dov/wdh)

No more pages