Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Pejabat Negara dan ASN Tunaikan Zakat

Ezra Sihite
28 March 2023 12:05

Presiden Jokowi Serahkan Zakat ke Baznas (YouTube Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi Serahkan Zakat ke Baznas (YouTube Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyerahkan zakat 2023 ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Istana Negara, Jakarta, Selasa (28/3/2023). Dalam kesempatan tersebut Jokowi mengingatkan agar para menteri, pejabat hingga kepala daerah dan aparatur sipil negara (ASN) wajib memberikan zakat, infaq dan sedekah.

"Saya mengimbau semua umat Islam khususnya pejabat-pajabat negara, ASN, BUMN dan seluruh kepala daerah di seluruh Tanah Air untuk menunaikan kewajiban zakatnya melalui Baznas sehingga dana zakat dapat dikelola dengan profesional dan transaparan," kata Presiden Jokowi di Jakarta sebagaimana dikutip dari kanal Sekretariat Presiden.

Bulan Ramadan kata Jokowi merupakan bulan suci, waktu untuk berpuasa namun juga memperbanyak amal dan kebaikan termasuk berzakat.

"Berzakat merupakan kewajiban setiap umat Islam sebagai wujud rasa syukur rasa terima kasih atas segala nikmat yang diberikan Allah dalam kehidupan kita dengan berbagi rezeki dan berbagi kebahagiaan dan menafkahkan sebagian harta kita untuk diberikan kepada saudara-suadara kita yang membutuhkan," lanjut Jokowi.

Presiden juga menyampaikan langkah pemerintah untuk mengurangi angka kemiskinan di Indonesia khususnya untuk mengurangi angka kemiskinan ekstrem. Hal ini kata Jokowi karena itu juga membutuhkan dukungan dari semua pihak termasuk melalui zakat dan infaq yang akan disalurkan oleh Baznas.