Logo Bloomberg Technoz

Klaim Stok CPO Surplus, ESDM Bidik Penerapan B40 Tahun Depan

Dovana Hasiana
03 May 2024 19:00

Uji coba B40./Bloomberg-Dimas Ardian
Uji coba B40./Bloomberg-Dimas Ardian

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan penerapan program biodiesel B40 atau bauran Solar dengan 40% bahan bakar nabati pada 2025.
 
“Kita sudah memiliki B35, kita ingin untuk menambahkan lebih banyak mungkin tahun ini atau tahun depan kami ingin mencapai 40%,” ujar Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukkan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM Eniya Listiani Dewi, Jumat (3/5/2024). 

Saat dikonfirmasi lebih lanjut, Eniya mengatakan telah melakukan komunikasi dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan mengatakan pasokan minyak sawit mentah atau crude palm oil (CPO) nasional masih surplus sekitar 4 juta ton ketika program B40 diterapkan, walaupun tanpa pembukaan lahan baru. 

Selain itu, Eniya mengatakan uji coba B40 telah dilakukan untuk sektor otomotif. Namun, uji cobanya masih berjalan untuk sektor non-otomotif, seperti kapal, alat pertanian, tambang dan kereta. 

“Kalau otomotif ujinya sudah, tetapi yang non-otomotif itu masih ongoing ujinya. Non-otomotif itu seperti kapal, alat pertanian, tambang dan kereta itu masih diuji sampai Desember,” ujar Eniya. 

“Kalau mau [B40] diterapkan otomotif dulu ya bisa, tetapi ini perlu dikonfirmasi dulu masalah insentif, masalah suplai, ini harus dibahas lagi.”