Logo Bloomberg Technoz

Rincian Rencana Buyback Saham GOTO Senilai Rp3,2 T

Sultan Ibnu Affan
03 May 2024 17:36

Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Karyawan melintas di depan layar pergerakan saham (IHSG) di Bursa Efek Indonesia (BEI), Selasa (16/4/2024). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) melanjutkan proses pembelian kembali atau buyback saham seperti yang sudah diwacanakan sebelumnya. Emiten teknologi ini akan menggelar RUPS Tahunan dan RUPS Luar Biasa pada 11 Juni 2024 dengan salah satu agenda meminta persetujuan buyback saham.

Dalam Keterbukaan Informasi pada hari ini, Jumat (3/5/2024), GOTO menyatakan akan melakukan pembelian kembali atau buyback saham dengan jumlah Rp3,2 triliun atau setara dengan US$200 juta. Dana tersebut termasuk biaya transaksi, biaya pedagang perantara dan biaya lainnya sehubungan dengan transaksi Pembelian Kembali Saham Perseroan.

"Sumber dana yang digunakan sebagai biaya untuk melaksanakan Pembelian Kembali Saham Perseroan di atas bukan merupakan dana hasil penawaran umum dan bukan merupakan dana yang berasal dari pinjaman dan/atau utang dalam bentuk apa pun," tulis Keterbukaan Informasi GOTO.

GOTO menyatakan perkiraan jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 10% (sepuluh persen) saham termasuk saham treasuri Perseroan saat ini. "Pada tanggal Keterbukaan Informasi ini, jumlah saham treasuri Perseroan adalah 10.264.665.616 saham atau setara dengan 0,85% dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan," kata manajemen GOTO.

GOTO menyatakan alasan buyback saham adalah perseroan melihat perbaikan pada tingkat profitabilitasnya. Perseroan mencapai EBITDA yang disesuaikan positif pada kuartal keempat tahun 2023, dimana hal ini merupakan perbaikan delapan kuartal berturut-turut. Pencapaian ini memperkuat posisi Perseroan pada jalan yang tepat untuk mencapai target impas balik (breakeven) di masa mendatang.