Logo Bloomberg Technoz

Bocoran dari Sri Mulyani: Pertumbuhan Ekonomi Q1-2024 di Atas 5%

Azura Yumna Ramadani Purnama
03 May 2024 15:30

Menteri Keuangan Sri Mulyani
Menteri Keuangan Sri Mulyani

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menyebut pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 akan berada di atas 5%. Konsumsi rumah tangga tetap menjadi motor utama pertumbuhan ekonomi.

"Di tengah dinamika ketidakpastian global, kinerja ekonomi domestik masih cukup resilien. Pertumbuhan ekonomi pada triwulan I-2024 diperkirakan akan tetap di atas 5% dan menguat dibandingkan triwulan IV-2023," ungkap Sri Mulyani Indrawati dalam konferensi pers Komite Stabilitas Sistem Keuangan (KSSK), Jumat (3/5/2024).

Sebagai informasi, ekonomi Tanah Air tumbuh 5,04% pada kuartal pamungkas 2023. Badan Pusat Statistik (BPS) dijadwalkan merilis data pertumbuhan ekonomi kuartal I-2024 pada Senin (6/5/2024).

Pertumbuhan ekonomi, lanjut Sri Mulyani, ditopang oleh permintaan domestik yang tetap kuat. Baik dari sisi rumah tangga, pemerintah, dan Lembaga Non-Profit yang Melayani Rumah Tangga (LNPRT).

"Seiring dengan penyelenggaraan Pemilu yang menyebabkan beberapa belanja memang harus dilakukan front loading. Juga kebijakan APBN dengan menaikkan gaji ASN dan pensiunan, serta pemberian Tunjangan Hari Raya dengan Tunjangan Kinerja 100% memberikan dukungan kepada belanja atau daya beli masyarakat," terang Bendahara Negara.