Logo Bloomberg Technoz

Kominfo Jawab Kekhawatiran Starlink Elon Musk Usik Bisnis Lokal

Muhammad Fikri
03 May 2024 15:25

Elon Musk (Sumber: Bloomberg)
Elon Musk (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Kominfo Usman Kansong menegaskan perusahaan jasa internet dalam negeri tidak perlu khawatir akan kalah saing dengan layanan internet berbasis satelit orbit rendah Starlink, milik Elon Musk.

“Kita tidak perlu takut dengan kompetisi, bahwa kompetisi ‘bikin hidup lebih hidup’. Dengan perusahaan [internet] asing masuk, mendorong para operator seluler kita meningkatkan layanannya. Itu natural,” jelas Usman di Jakarta, Jumat (3/5/2024), seraya mengingatkan pelaku bisnis internet tidak akan selalu berada di zona nyaman.

Usman menambahkan bahwa proposal investasi Starlink di Indonesia juga telah melalui kajian mendalam. Kominfo sebelum pun telah melakukan penataan agar persaingan bisnis berjalan secara sehat.

“Seperti saya sampaikan, masuknya Starlink sudah melewati kajian aspek ekonominya. Kita lihat apakah kedatangan investor asing akan menggerus bisnis atau operator lokal ini, kita tata dengan baik,” kata Usman.

Sudut pandang regulator adalah persaingan bisnis internet tidak saling mematikan, namun berkompetisi hingga menciptakan keuntungan bagi pengguna. “Kepentingan publik akan lebih diutamakan. Pelayanan akan diutamakan.”