Logo Bloomberg Technoz

Apple Pecahkan Rekor Buyback Saham Terbesar di AS

News
03 May 2024 09:20

Apple Inc.
Apple Inc.

Carmen Reinicke - Bloomberg News

Bloomberg, Apple Inc baru saja mengumumkan pembelian kembali (buyback) saham terbesar di AS yang pernah ada. Perusahaan menyatakan dewan direksi telah menyetujui tambahan pembelian kembali saham senilai US$110 miliar atau setara Rp1,7 triliun.

Dengan pengumuman tersebut, pembuat iPhone ini memecahkan rekor mereka sendiri untuk nilai buyback terbesar yang pernah diumumkan di AS. Menurut data yang dikumpulkan oleh perusahaan riset pasar Birinyi Associates sejak 1999, raksasa teknologi ini pada 2018 mengizinkan pembelian kembali saham senilai US$100 miliar.

"Angka yang mencengangkan," kata Steve Sosnick, kepala strategi di Interactive Brokers LLC. "Apple mungkin mengakui bahwa mereka sedang menjadi perusahaan bernilai yang mengembalikan uang kepada pemegang saham, daripada perusahaan dengan pertumbuhan berdaya tinggi yang membutuhkan uang tunai untuk penelitian dan pengembangan atau ekspansi."

Secara keseluruhan, Apple melakukan enam dari 10 pengumuman buyback saham terbesar yang pernah dilakukan di AS. Daftar tersebut juga termasuk Chevron Corp dan Alphabet Inc.

Daftar buyback saham perusahaan-perusahaan AS. (Sumber: Bloomberg)