Logo Bloomberg Technoz

Lima Poin Keputusan Suku Bunga The Fed & Konpers Powell

News
02 May 2024 06:10

Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)
Jerome Powell, Ketua the Fed (Dok: Bloomberg)

Steve Matthews - Bloomberg News

Bloomberg, Berikut ini adalah poin-poin penting dari keputusan suku bunga Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dan konferensi pers Gubernur Federal Reserve Jerome Powell pada Rabu:

  • FOMC mempertahankan suku bunga tidak berubah untuk pertemuan keenam berturut-turut. Powell mengatakan bahwa dibutuhkan waktu lebih lama dari yang diperkirakan untuk menjadi yakin tentang pengembalian inflasi ke target 2% Fed, yang pada dasarnya mengesampingkan penurunan suku bunga dalam waktu dekat. "Kita bisa bersabar," katanya. Yang penting, komentarnya tampaknya juga menutup kemungkinan kenaikan suku bunga.
  • Kebijakan moneter saat ini bersifat restriktif dan dari waktu ke waktu cukup restriktif untuk mengembalikan inflasi ke target, kata Powell. Dia menolak untuk memperkirakan seberapa besar kemungkinan akan ada pemangkasan tahun ini, dan menambahkan bahwa kebijakan membutuhkan lebih banyak waktu untuk bekerja. Data akan menjadi kunci kapan pemangkasan akan dilakukan, kata ketua FOMC.
  • FOMC masih bertujuan untuk melakukan soft landing, dengan mengatakan bahwa risiko-risiko untuk mencapai target ketenagakerjaan dan inflasi "telah bergerak menuju keseimbangan yang lebih baik selama setahun terakhir." Powell mengatakan bahwa, dengan inflasi yang telah turun sepanjang tahun, sekarang ada fokus yang lebih besar pada mandat lapangan kerja penuh. Dia mengatakan bahwa The Fed tidak menargetkan upah.
  • The Fed mengumumkan bahwa mereka akan memperlambat laju pengetatan kuantitatif mulai 1 Juni, menurunkan batas jumlah sekuritas Treasury yang keluar dari neraca lebih dari setengahnya, menjadi US$25 miliar setiap bulan dari US$60 miliar. Para pejabat mempertahankan laju limpasan untuk sekuritas yang didukung hipotek pada maksimum US$35 miliar per bulan. Powell mengatakan tidak ada sinyal mengenai kebijakan.
  • S&P 500 naik 1%, menghapus kerugian sebelumnya. Treasury juga menguat karena the Fed setuju untuk memperlambat pengurangan portofolio obligasi. Imbal hasil obligasi AS bertenor dua tahun turun di bawah 5% karena para pedagang swap meningkatkan taruhan mereka pada penurunan suku bunga, memproyeksikan peluang yang lebih tinggi bahwa langkah pertama akan terjadi pada November, bukan Desember.