Logo Bloomberg Technoz

Kementerian Ketenagakerjaan, kata Ida, telah menyiapkan berbagai instrumen untuk meningkatkan kompetensi dan daya saing para pekerja. Ini di antaranya pelatihan vokasi melalui program BLK Komunitas bagi pekerja. Hingga saat ini Kemnaker telah membangun delapan BLK Komunitas yang didirikan bagi serikat pekerja.

“Jumlah ini tentu masih sangat sedikit jika dibandingkan dengan jumlah pekerja kita. Ke depan kita akan lebih memperluas lagi akses peningkatan kompetensi bagi para pekerja kita,” katanya.

Selain BLK Komunitas, Ida menyebut BLK atau BPVP juga terbuka bagi pekerja yang ingin meningkatkan keterampilan dan kompetensi. Berbagai instrumen peningkatan keterampilan yang disediakan pemerintah tidak hanya untuk membekali keterampilan (skilling) bagi angkatan kerja baru, namun juga untuk meningkatkan keterampilan (up skilling) dan alih keterampilan (re-skilling) bagi angkatan kerja lama atau pekerja/buruh.

“Kami sadar bahwa berbagai instrumen tersebut belum lah mencukupi untuk memfasilitasi seluruh pekerja/buruh di Indonesia. Oleh karenanya, pada momen May Day ini, saya juga mengajak kementerian/lembaga, pemda, dan pihak-pihak untuk bersama-sama menjadikan topik peningkatan kompetensi pekerja/buruh ini sebagai isu bersama,” tutur Ida.

Pada peringatan May Day tahun ini Kemnaker juga meluncurkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan (Kepmenaker) Nomor 76 Tahun 2024 tentang Pedoman Pelaksanaan Hubungan Industrial Pancasila. Kepmenaker ini mencakup 6 prinsip dan 2 asas dalam mewujudkan hubungan industrial Pancasila.

(lav)

No more pages