Logo Bloomberg Technoz

Pesan Menaker Ida Fauziyah untuk Pekerja di Hari Buruh 2024

Redaksi
01 May 2024 21:00

Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Humas Kemnaker)
Menteri Tenaga Kerja Ida Fauziyah. (Dok. Humas Kemnaker)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengatakan masa depan dunia ketenagakerjaan akan dipenuhi dinamika dunia usaha dan industri yang sangat dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan informasi. Hal itu tercermin dari kondisi saat ini yang telah memasuki era digitalisasi.

“Masa depan bangsa Indonesia sangat ditentukan oleh seberapa kompeten dan seberapa kompetitif pekerja atau buruh kita. Oleh karenanya, secara khusus, saya mengajak teman-teman pekerja/buruh untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi dan daya saing,” kata Ida Fauziyah dalam keterangannya, Rabu (1/5/2024). 

Menurut Ida, peningkatan kompetensi dan daya saing pekerja memiliki dua tujuan utama. Pertama, meningkatkan keterampilan, keahlian, kemampuan, dan kapasitasnya sehingga para pekerja mampu meningkatkan karirnya. Kedua, peningkatan kompetensi dan daya saing bertujuan untuk membekali diri dengan berbagai keterampilan dan kompetensi yang dapat digunakan untuk alih profesi.

Dua hal itu sangat penting agar pekerja dapat bertahan menghadapi dinamika dunia ketenagakerjaan yang semakin dinamis dan kompetitif.

“Untuk menghadapi masa depan ketenagakerjaan, menjadi terampil saja tidak cukup. Kita harus terus menerus mengasah diri, meningkatkan kapasitas diri, agar kita selalu bisa beradaptasi dengan perubahan,” kata Ida.