Logo Bloomberg Technoz

KKB Papua Disebut Serang Markas Polisi dan Sekolah di Homeyo

Redaksi
01 May 2024 21:15

Sejumlah remaja menurut TNI direkrut bergabung dalam kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Dok:Kapendam Cenderawasih)
Sejumlah remaja menurut TNI direkrut bergabung dalam kelompok separatis teroris (KST) KKB Papua pimpinan Egianus Kogoya. (Dok:Kapendam Cenderawasih)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Satuan Tugas (Satgas) Operasi Damai Cartenz melaporkan kembali terjadinya serangan kelompok kriminal bersenjata atau KKB di Distrik Homeyo, Intan Jaya, Papua Tengah. Satgas mengidentifikasi KKB berasal dari kelompok Keni Tipagau yang merupakan bagian dari Kodap VIII Kemabu pimpinan Undius Kogoya dan Aibon Kogoya.

Kelompok ini tercatat melakukan penyerangan ke Markas Polisi Sektor Homeyo dan Sekolah Dasar Negeri Inpres Pogapa, Selasa (30/4/2024).

Juru bicara Satgas Ops Damai Cartenz, Ajun Komisaris Besar Bayu Suseno mengatakan, kelompok Keni Tipagau menyerang sekolah sekitar pukul 08.00 WIT. Mereka sempat mengunakan menembakan beberapa peluru dari senjata api laras panjangnya, setelah itu membakar gedung sekolah tersebut.

"Lokasi pembakaran bangunan SD Negeri Inpres Pogapa tidak jauh dari mapolsek Homeyo, hanya berjarak kurang lebih 50 Meter sehingga saat ini aparat keamanan masih berjaga-jaga”, kata Bayu dikutip dari Humas Polri, Rabu (1/5/2024).

Sebelumnya, kelompok yang sama juga menyerang Mapolsek Homeyo sekitar pukul 07.40 WIT. Mereka melakukan penyerangan dengan menggunakan sejumlah senjata api.