Logo Bloomberg Technoz

Menlu China: Pemulihan Ekonomi Bakal Menguntungkan Perusahaan AS

News
27 March 2023 14:30

Menteri Luar Negeri China Qin Gang (Sumber: Bloomberg)
Menteri Luar Negeri China Qin Gang (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg - Menteri Luar Negeri China Qin Gang menyampaikan kepada sekelompok pemimpin bisnis Amerika Serikat (AS) bahwa dibukanya kembali ekonomi China setelah Covid-19 dan pulihnya ekonominya yang cepat akan menghasilkan keuntungan tiga kali lipat untuk bisnis mereka.

Faktor lain lain juga menguntungkan komunitas bisnis AS, seperti terpilihnya kembali Presiden Xi Jinping, upaya berkelanjutan China untuk membuka diri terhadap dunia, dan sejumlah pembaruan sosial dan ekonomi, kata Qin Gang melalui pernyataan yang dimuat di situs web Kementerian Luar Negeri China.

Dalam pernyataan itu, Qin Gang mendorong perusahaan-perusahaan AS untuk memperluas investasi mereka di China. Pemerintah China juga berharap dengan cara itu hubungan bilateral dengan AS semakin kuat meskipun saat ini tengah kesulitan mengembalikannya ke arah yang lebih stabil dan sehat.

Sementara itu, perwakilan AS mengatakan hubungan China-AS berada pada tahap kritis. Komunitas bisnis AS berkomitmen untuk mencegah kedua negara tersebut terjerembap ke lubang perangkap isolasi dan konflik. Mereka menyambut baik komunikasi tatap muka lebih lanjut dan berharap lebih banyak penerbangn China-AS untukmemfasilitasi interaksi, menurut pernyataan itu.