Logo Bloomberg Technoz

LME berharap bahwa jam perdagangan yang diperpanjang akan meningkatkan volume perdagangan, dengan membuatnya lebih mudah untuk melakukan arbitrase antara kontrak London dan Shanghai. Aktivitas di pasar nikel masih jauh di bawah level sebelum krisis, dan kurangnya likuiditas telah berkontribusi pada perubahan harga yang terkadang sangat besar. 

Hari ini, harga nikel turun 0,2% pada hari Senin menjadi US$23.420 per ton pada pukul 8:55 pagi waktu Shanghai. Nikel adalah kontrak berkinerja terburuk di LME sepanjang tahun ini, dengan penurunan lebih dari 21%.

Pembeli dan penjual logam dunia nyata menggunakan kontrak LME sebagai patokan harga, dan juga mengambil posisi di bursa untuk melakukan lindung nilai, yang berarti industri yang lebih luas bergantung pada pasar LME yang berfungsi dengan baik.

Briket nikel. (Philip Gostelow/Bloomberg)

Kontrak nikel juga menghadapi tantangan yang lebih mendasar, karena bentuk logam olahan yang diperdagangkan di bursa menyumbang persentase yang kecil dan terus menurun dari total produksi nikel dunia. Akibatnya, hubungan antara harga LME dan bahan yang sebenarnya dibeli dan dijual untuk membuat baja tahan karat atau baterai kendaraan listrik menjadi semakin tegang.

Tsingshan, yang memproduksi sejumlah besar nikel setengah jadi , sekarang sedang membangun pabrik di Indonesia untuk membuat logam jadi yang dapat dikirim ke LME, ini dapat membantu perusahaan China ini menghindari tekanan di masa depan. Jika nikel olahan yang diproduksi oleh Tsingshan dan perusahaan-perusahaan China lainnya dapat didaftarkan untuk dikirim ke LME, maka hal ini juga dapat membantu menghidupkan kembali perdagangan di pasar nikel yang sedang mengalami kesulitan. 

Menjelang pembukaan kembali bursa Asia, beberapa pedagang menyatakan keraguannya tentang apakah hal itu akan benar-benar memberikan dorongan signifikan terhadap volume, karena perdagangan di pasar nikel saingannya, Shanghai, juga telah terpukul sejak krisis. Kedua pasar tersebut juga menjadi semakin terputus selama setahun terakhir.

LME telah membuat sejumlah perubahan pada peraturannya sejak krisis Maret lalu, termasuk memberlakukan batasan harga harian.

(bbn)

No more pages