Logo Bloomberg Technoz

LME Perpanjang Jam Perdagangan Nikel, Apa Untungnya Buat RI?

News
27 March 2023 12:39

Ilustrasi Nikel (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi Nikel (Sumber: Bloomberg)

Mark Burton - Bloomberg News

Bloomberg - Perdagangan kontrak logam nikel di London Metal Exchange (LME) sudah mulai berjalan normal dengan memperpanjang jam perdagangan mengikuti waktu Asia mulai Senin (27/3/2023). Ini merupakan langkah penting untuk memperbaiki pasar setelah terjadi gejolak tahun lalu.

Perdagang nikel mulai dibuka pada pukul 01.00 pagi waktu London, setelah lebih dari setahun setelah LME menangguhkan perdagangan dan membatalkan transaksi senilai miliaran dolar karena merespons aksi jual yang dilakukan salah satu produsen nikel terbesar dunia, Tsingshan Holding Group Co.

Tahun lalu, harga melonjak 250% dalam waktu kurang dari 24 jam pada awal Maret 2022, kenaikan itu merupakan lonjakan paling tajam terjadi pada jam perdagangan siang hari di Asia. Setelah itu atau seminggu kemudian perdagangan nikel di LME dibuka kembali, tapi di mulai pukul 8 pagi di London. 

Pekerja mengawasi aliran logam cair panas hasil tambang nikel saat mengalir dari tungku di Norilsk, Rusia. (Andrey Rudakov/Bloomberg)

Sebenarnya LME berencana untuk melanjutkan perdagangan di kawasan Asia pekan lalu, tetapi ditunda karena risiko volatilitas setelah ditemukan angkutan kargo nikel berisi batu, bukan nikel. Pada Kamis pekan lalu, LME mengatakan tidak ada masalah lebih lanjut yang diidentifikasi selama audit global nikel yang disimpan di tempat lain dalam jaringan pergudangannya.