Logo Bloomberg Technoz

Survei Sebut Elektabilitas Prabowo Tiba-tiba Naik, Efek Jokowi

Sultan Ibnu Affan
27 March 2023 08:30

Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto menaiki kendaraan taktis operasional TNI “Maung”. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)
Presiden Joko Widodo dan Menhan Prabowo Subianto menaiki kendaraan taktis operasional TNI “Maung”. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) dalam penelitian jajak pendapat terbarunya mengeluarkan hasil elektabilitas terhadap calon presiden (capres) di Pemilu 2024. Dalam hasil survei tersebut ada 3 nama yang elektabilitasnya keluar paling tinggi yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto kemudian Anies Baswedan.

Persentase elektabilitas Ganjar 36,8%, Prabowo Subianto 27% dan Anies Baswedan 26,8%.

Namun meskipun angka elektabilitas masih dipegang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, menurut IPI, dalam simulasi dukungan capres, peningkatan dukungan terhadap Prabowo tampak memiliki besaran yang konsisten. Sementara itu terhadap nama lain kecenderungannya stagnan atau melemah.

"Kenapa Prabowo mengalami kenaikan, kita cek lebih jauh, terus terang kita agak jarang mendapati pola elektabilitas atau dukungan yang menurun kemudian tiba-tiba meningkat. Ini kan elektabilitas pak Prabowo setahun terakhir cenderung turun. Kemudian tiba-tiba meningkat dalam beberapa bulan terakhir,” kata Direktur Eksekutif IPI Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya secara virtual, Minggu (26/3/2023)

Burhanuddin dalam kesempatan itu menyoroti efek itu sebagai imbas Presiden Jokowi beberapa waktu belakangan sering menyebut soal dukungan kepada Prabowo.