Logo Bloomberg Technoz

Survei SMRC-IPI: Prabowo Terpopuler, Ganjar Unggul Elektabilitas

Sultan Ibnu Affan
27 March 2023 07:01

Presiden Jokowi bersama Prabowo dan Ganjar Pranowo saat Panen Raya di Kebumen (Dok Sekretariat Presiden)
Presiden Jokowi bersama Prabowo dan Ganjar Pranowo saat Panen Raya di Kebumen (Dok Sekretariat Presiden)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (capres). Dalam survei teranyar IPI ini dengan simulasi 3 nama calon teratas setelah sebelumnya disimulasikan pada 19 dan 10 nama. Diketahui bahwa Ganjar Pranowo mendapat tingkat elektabilitas 36,8%, Anies Baswedan 26,8 % dan Prabowo Subianto 27%.

Dalam survei Periode 9-16 Februari 2023 jumlah sampel sebanyak 1.220 orang. Sampel berasal dari seluruh Provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Kemudian untuk periode survei 12-18 Maret 2023 jumlah sampel sebanyak 800 orang. Sampel disebut berasal dari hampir semua provinsi yang terdistribusi secara proporsional. Dengan metode simple random sampling, ukuran sampel 800 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error--MoE) sekitar ±3.5% pada tingkat kepercayaan 95%.

“Meskipun Ganjar ada diperingkat pertama, itupun juga tidak terlalu besar. Bahkan dalam beberapa bulan cenderung mengalami stagnasi,” kata Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi memaparkan hasil survei secara virtual pada Minggu (26/3/2023).

Tren elektabilitas 3 nama capres (Source: Rilis IPI)

Sementara hasil survei terbaru Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada awal pekan ini juga mencantumkan sejumlah nama kandidat calon presiden (capres). Dengan simulasi 3 nama yang sama yakni Ganjar Pranowo, Anies Baswedan dan Prabowo Subianto maka nama Ganjar masih mengungguli elektabilitas dua bakal calon lainnya. Ganjar unggul dengan dukungan 45,2%, disusul Anies 26,2%, dan Prabowo 22,3%. Angka persepsi ini didapat melalui kelompok yang mengetahui nama ketiga calon di atas.