Logo Bloomberg Technoz

Sementara itu, alasan utama masyarakat yang merasa puas dengan kinerja Jokowi adalah adanya bantuan kepada rakyat kecil. Kemudian apresiasi terhadap kerja Jokowi dalam membangun infrastruktur yang merata.

“Umumnya kalau ditanya, 'apa yang membuat mereka puas?' Itu infrastruktur. Sekarang, terutama setelah pandemi 2-3 tahun terakhir. Alasan yang membuat mereka puas adalah bantuan kepada rakyat kecil,” lanjutnya.

Sebagai catatan, survei ini dilakukan dengan melibatkan populasi  WNI yang punya hak pilih dengan usia 17 tahun atau lebih. Proses penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling.

Pelaksanaan survei dilakukan sebanyak dua kali, yakni pada 9-16 Februari 2023 dengan jumlah sampel sebanyak 1.220 orang dari seluruh provinsi yang terdistribusi secara proporsional dan margin of error kurang lebih 2,9%

Survei kedua, dilakukan pada periode 12-18 Maret 2023 dengan jumlah sampel 800 orang dari hampir seluruh provinsi. Survei ini memiliki margin of error sekitar 3,5%. Muhtadi mengklaim, responden terpilih diwawancarai lewat tatap muka oleh pewawancara yang telah dilatih.

(ibn/wep)

No more pages