Logo Bloomberg Technoz

Survei Indikator: 73,1% Masyarakat Puas dengan Kinerja Jokowi

Sultan Ibnu Affan
26 March 2023 18:59

Presiden Joko Widodo. (Dok Bloomberg)
Presiden Joko Widodo. (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei tingkat kepuasan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dari hasil survei tersebut ditemukan bahwa sekitar 73,1% masyarakat cukup atau sangat puas dengan kinerja Jokowi.

“Kalau ditanyakan dengan skala 1-4, masyarakat cenderung masih puas dengan kinerja Presiden Jokowi (sebesar) 73,1%,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia, Burhanuddin Muhtadi dalam paparannya saat menyampaikan hasil survei secara virtual, Minggu (26/3/2023).

Sementara itu, sisanya yakni sekitar 26% menyatakan tidak puas terhadap kinerja Jokowi. Ketidakpuasan itu disebabkan oleh kenaikan harga kebutuhan pokok masyarakat pada beberapa waktu lalu.

“Mereka yang tidak puas itu, yang menganggap ketidakpuasan masalah kebutuhan pokok ini (juga) agak turun sedikit dibanding bulan Februari,” kata Burhanuddin Muhtadi.

Selain itu, alasan ketidakpuasan adalah karena bantuan pemerintah yang tidak merata. Warga juga tidak puas dengan lapangan kerja yang disediakan pemerintah, sehingga masih menyebabkan banyak pengangguran.