Logo Bloomberg Technoz

Survei Capres: Elektabilitas Ganjar, Prabowo, Anies Kompetitif

Sultan Ibnu Affan
26 March 2023 17:26

Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok Bloomberg)
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia (IPI) merilis hasil survei terkait elektabilitas calon presiden (capres) pada pemilu 2024 mendatang. Menurut hasil survei itu, tiga nama yakni; Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, dan Anies Baswedan masih sangat kompetitif dalam pencalonan pilpres mendatang.

Direktur Eksekutif IPI, Burhanuddin Muhtadi mengatakan bahwa peningkatan kompetitif ini terjadi hingga beberapa bulan ke depan. Menurutnya, persaingan ketiga calon ini masih ketat dan tidak ada yang mendominasi.

Survei ini digelar selama periode Februari dan Maret 2023. Adapun selama Februari melibatkan 1.200 responden dengan margin of error kurang lebih 2,9% dan tingkat kepercayaan 95%. Sementara itu, survei di bulan Maret melibatkan 800 orang responden dengan margin of error kurang lebih 3,5% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Penarikan sampel menggunakan metode multistage random sampling berasal dari seluruh provinsi di Indonesia. Responden diwawancarai dengan metode tatap muka.

Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto. (Dok. Tim Media Prabowo Subianto)

Dalam survei teranyar IPI ini, Ganjar Pranowo mendapat skor 36,8%, Anies Baswedan 26,8 %, dan Prabowo Subianto 27%.