Logo Bloomberg Technoz

Nama-nama Lama Masih Jadi Andalan Capres, Ada Ganjar & Prabowo

Sultan Ibnu Affan
26 March 2023 08:49

Direktur Riset SMRC, Deni Irvani. (Dok. YouTube SMRC)
Direktur Riset SMRC, Deni Irvani. (Dok. YouTube SMRC)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nama-nama lama masih mengisi daftar survei kandidat calon presiden Indonesia dalam pemilihan umum (pemilu) tahun 2024.  Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah, berada di peringkat pertama survei popularitas capres, sedangkan Prabowo Subianto, Menteri Pertahanan RI dan Ketua Umum Partai Gerindra, unggul dalam hal tingkat pengenalan publik.

Hal ini terekam dalam hasil survei terbaru Lembaga survei Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC). Survei dilakukan wawancara tatap muka pada periode 2-11 Maret 2023 terhadap 1.220 responden, dengan tingkat margin of error sebesar 3,1%.

Direktur SMRC Deni Irvani mengatakan, Ganjar Pranowo punya skor tingkat popularitas 90%. Skor Ganjar menanjak dalam tiga bulan terakhir. “Kita bisa sebut ini sebagai kualitas dari popularitas,” kata Deni Irvani, dalam kanal resmi SMRC TV, dikutip Minggu (26/3/2023).

Kandidat capres Indonesia 2024 dari tingkat popularitas selanjutnya adalah Prabowo Subianto dengan skor 81%. Posisi ketiga  mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan (72%).

Posisi selanjutnya Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (73%) dan juga Ketua DPR RI sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani (45%). Hasil survei memperlihatkan mengatakan bahwa tingkat penerimaan dan kesukaan masyarakat terhadap Ganjar menjadi hal utama yang membuatnya unggul.