Logo Bloomberg Technoz

“Seluruh proses perizinan dari Kementerian BUMN dan Kementerian Perdagangan sudah dipenuhi. Kedatangan dilakukan secara bertahap. Pada Maret—Mei ini ditargetkan masuk sekitar 99.000 ton GKP,” jelasnya. 

Arief mengungkapkan GKP yang datang akan masuk melalui tiga pelabuhan yaitu pelabuhan Tanjung Priok Jakarta, Tanjung Perak Surabaya, dan Belawan Medan sehingga pendistribusian dapat dilakukan dengan lebih cepat dan merata.  

Dari segi harga, berdasarkan Panel Harga Pangan Bapanas, harga rata-rata nasional gula konsumsi di tingkat konsumen per 24 Maret 2023 sebesar Rp 14.416 per kg. Harga tersebut dinilai cenderung stabil dan masih berada di bawah Harga Acuan Penjualan (HAP) di tingkat konsumen yang sebesar Rp 14.500 per kg.

Lebih lanjut, berdasarkan Prognosa Neraca Pangan Nasional pada 2023, produksi gula dalam negeri diperkirakan sekitar 2,6 juta ton dengan angka kebutuhan gula nasional sekitar 3,4 juta ton. 

“Selisihnya masih harus ditutup oleh pasokan luar negeri. Langkah pengadaan dari luar ini yang kita percepat dari awal agar tidak terjadi kelangkaan di masyarakat, mengingat puasa dan lebaran tahun ini lebih dekat dengan awal tahun dan mendahului musim giling tebu,” tutup Arief.

(tar/wdh)

No more pages