Logo Bloomberg Technoz

RI Tambah Impor Gula 215.000 Ton demi Jaga Stok Hari Raya

Tara Marchelin
25 March 2023 18:12

Pekerja memasukkan gula ke dalam karung. (Dok. Bloomberg)
Pekerja memasukkan gula ke dalam karung. (Dok. Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) menyiapkan tambahan pasokan gula sebanyak 215.000 ton dari impor untuk menjamin ketersediaan stok selama Ramadan dan Idulfitri. 

Berdasarkan Prognosa Neraca Pangan Bapanas, stok gula nasional pada Januari 2023 mencapai 1,1 juta ton, sedangkan kebutuhan gula nasional per bulan tercatat sebanyak 283.000 ton. 

“Berdasarkan penghitungan kebutuhan gula nasional tersebut, maka untuk mengamankan kebutuhan sampai dengan Idulfitri, kami sudah siapkan penambahan pasokan gula. Mengingat saat hari raya kerap terjadi lonjakan permintaan dan konsumsi, sementara musim giling tebu baru akan mulai sekitar Mei,” kata Kepala Bapanas, Arief Prasetyo Adi, dalam siaran pers yang diterbitkan Sabtu (25/3/2023).  

Selain itu, kata Arief, Bapanas telah menyampaikan surat permohonan penugasan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kepada ID Food dan PTPN Holding Perkebunan selaku BUMN pangan untuk melakukan pengadaan gula konsumsi luar negeri.

Kedua BUMN pangan tersebut akan mendatangkan sekitar 215.000 ton gula kristal putih (GKP) dari luar negeri secara bertahap untuk menambah stok dan menjaga harga di tengah puasa dan Lebaran. 

Pergerakan harga gula dunia (dok. Bloomberg)