Logo Bloomberg Technoz

Jamin Keamanan Pangan Saat Ramadan, Bapanas Awasi 7 Lokasi

Tara Marchelin
25 March 2023 17:19

Ilustrasi supermarket. (Dimas Ardian/Bloomberg)
Ilustrasi supermarket. (Dimas Ardian/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Pangan Nasional (Bapanas) melakukan pengawasan terhadap pasar tradisional dan ritel modern. Upaya tersebut dilakukan untuk menjamin sarana penanganan pangan segar dan produk pangan saat Ramadan. 

“Untuk melihat cemaran residu pestisida dan formalin, serta pemenuhan persyaratan label kemasan pangan segar, pengawasan sedikitnya telah dilakukan di 7 lokasi peredaran, yaitu Pasar Kramat Jati Jaktim, Pasar Mayestik Jaksel, Pasar Anyar Bogor, Pasar Induk Krauk Banten, Pasar Induk Gede Bage Bandung, Lottemart dan Hypermart di Bandung,” ujar Sekretaris Utama Bapanas Sarwo Edhy melalui siaran pers Sabtu (25/3/2023). 

Dalam pengawasan tersebut, Bapanas  melakukan pengambilan contoh serta pengujian secara cepat dan pengujian dengan laboratorium yang terakreditasi terhadap pangan segar yg beredar.

Selain itu, pengujian dilakukan untuk memastikan pemenuhan syarat  keamanan pangan, label dan sanitasi higienitas dalam penanganan produk mulai dari tahapan penerimaan dari pemasok, penyimpanan, pengolahan minimal dan pemajangan. 

Selain untuk memastikan keamanan produk pangan, Deputi Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Bapanas Andriko Noto Susanto menambahkan pencantuman label juga menjamin ketertelusuran produk sehingga dapat meningkatkan nilai produk itu sendiri.