Logo Bloomberg Technoz

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo sebelumnya mengatakan, tingginya penggunaan SPKLU pada musim mudik tahun ini turut dipengaruhi oleh makin banyaknya jumlah stasiun pengisian yang tersedia di areal peristirahatan Jalan Tol Trans-Jawa (JTTJ) dan Jalan Tol Trans-Sumatra (JTTS).

“Pada mudik tahun-tahun sebelumnya, SPKLU hanya terdapat pada rest area tertentu saja. Sekarang, setiap rest area ada SPKLU yang siap melayani kebutuhan pemudik,” ujar dia. 

Menurut dia, PLN menambah 175 unit SPKLU yang tersebar di berbagai titik jalur mudik Jawa dan Sumatra. Secara nasional, terdapat 1.299 unit SPKLU di 879 lokasi yang siap melayani pengguna mobil listrik di seluruh Indonesia.

Lokasi SPKLU tersebut tersebar di JTTJ dan JTTS dengan jarak rata-rata sekitar 23 km per stasiun pengisian. Adapun, kapasitas baterai mobil listrik paling kecil sebesar 39 kWh memiliki jarak tempuh 300 km, sehingga pemudik tidak perlu khawatir untuk perjalanan jauh.

“PLN telah menyiapkan SPKLU di jalur-jalur mudik dari Merak sampai Banyuwangi dan Bakauheni sampai Palembang dengan dengan rata-rata jarak antar-SPKLU sekitar 23 km, sehingga sangat aman untuk mudik menggunakan kendaraan listrik,” ujar Darmawan.

Tak hanya kendaraan listrik roda empat, PLN juga telah menyiapkan 1.839 unit Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) dan 9.771 unit Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU) bagi kendaraan listrik roda dua.

(mfd/frg)

No more pages