Logo Bloomberg Technoz

“Bukan penurunan suku bunga Federal Reserve yang mendorong pasar bergerak maju, melainkan pendapatan,” kata George Ball, ketua Sanders Morris. “Pendapatan perusahaan jauh lebih kuat daripada yang diperkirakan masyarakat bahkan dalam kondisi suku bunga yang tinggi.”

Di Asia, yen stabil setelah pelemahan lebih lanjut pada Kamis. Para pedagang akan memantau mata uangnya sekali lagi karena pihak berwenang Jepang memperingatkan bahwa mereka akan mempertimbangkan semua opsi untuk mengatasi pelemahan yen setelah merosot ke level terlemahnya terhadap dolar sejak 1990.

“Apakah ini melibatkan intervensi mata uang atau tidak, kami, pihak berwenang, selalu siap menghadapi segala situasi,” Masato Kanda, pejabat tinggi mata uang Jepang, mengatakan kepada wartawan pada Kamis pagi.

Menteri Keuangan Shunichi Suzuki kemudian mengulangi peringatan tersebut, dan mengatakan kepada wartawan bahwa para pejabat mengawasi mata uang “dengan rasa urgensi yang tinggi.”

Investor juga akan mencermati yuan di luar negeri setelah menguat terhadap greenback untuk keempat kalinya dalam lima sesi perdagangan. Penguatan tersebut mengikuti dukungan dari Bank Rakyat China pada Kamis.

Pemotongan Suku Bunga Lebih Sedikit

Meskipun pembacaan PPI terbaru bersifat konstruktif, investor harus bersiap menghadapi penurunan suku bunga yang lebih sedikit pada tahun ini – satu atau dua kali – dan potensi pergerakan pertama yang tidak akan terjadi hingga pertemuan Juli, menurut Larry Tentarelli dari Blue Chip Daily Trend Report.

“Meskipun kami memahami betapa leganya laporan ini, tidak ada hal yang menggembirakan di dalamnya — dan hal terbaik yang bisa dikatakan adalah 'tidak ada kabar buruk baru' juga,” kata Michael Shaoul dari Marketfield Asset Management.

Pergerakan harga produsen AS./dok. Bloomberg

Presiden Fed Bank of New York John Williams mengatakan bank sentral telah membuat “kemajuan luar biasa” menuju keseimbangan yang lebih baik dalam tujuan inflasi dan lapangan kerja, tetapi menambahkan bahwa tidak perlu melakukan pemotongan dalam “jangka dekat.”

Rekannya dari Richmond, Thomas Barkin, mengatakan bank sentral AS masih memiliki pekerjaan yang harus dilakukan untuk menahan tekanan harga dan dapat mengambil waktu sebelum memangkas suku bunga.

Musim laporan laba di AS dimulai pada Jumat dengan sejumlah bank AS melaporkan laporan keuangannya. Wall Street memproyeksikan anggota S&P 500 akan menunjukkan pertumbuhan tahunan laba per saham sebesar 3,8% untuk periode pelaporan kuartal pertama, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh Bloomberg Intelligence.

Keuntungan kelompok “Magnificent Seven” – Apple Inc., Microsoft Corp., Alphabet Inc., Amazon.com Inc., Nvidia Corp., Meta Platforms Inc. dan Tesla Inc. – akan meningkat sebesar 38% pada kuartal pertama kuartal, menurut BI.

Di wilayah lain di Asia, kumpulan data yang akan dirilis di wilayah ini mencakup produksi industri di Jepang, inflasi di India, dan angka perdagangan di China. Bank sentral Korea Selatan akan menyampaikan keputusan kebijakan moneternya. Pasar tutup di Indonesia, Thailand, dan Dubai.

Dari segi komoditas, emas stabil di awal perdagangan Asia setelah naik ke rekor baru pada Kamis karena laporan inflasi AS. Sementara itu, minyak naik tipis pada Jumat setelah penurunan pada sesi sebelumnya karena membengkaknya stok AS menutupi kemungkinan serangan terhadap Israel oleh Iran atau proksinya.

(bbn)

No more pages