Logo Bloomberg Technoz

Puncak Arus Balik 14-15 April, Menhub Imbau Pulang Besok

Azura Yumna Ramadani Purnama
11 April 2024 17:50

Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)
Gerbang tol Cikampek Utama. (Dok PT Jasamarga Transjawa Tol)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyampaikan puncak arus mudik Lebaran 2024 diperkirakan terjadi pada hari Minggu 14 April - Senin 15 April 2024. Dengan demikian, ia mengimbau agar para pemudik pulang lebih awal sebelum puncak arus balik.

Ia menjelaskan, arus mudik diprediksi berlangsung mulai hari Jumat 12 April 2024 s.d Senin 15 April 2024 dikarenakan hari Selasa 16 April 2024 para pemudik sudah harus kembali melakukan aktivitasnya seperti sedia kala.

“Karena Minggu dan Senin pasti terjadi kenaikan yang besar, tadi berapa kali kita lakukan exercise, bahkan setelah rapat ini kita akan cari kita elaborasi bagaimana itu bisa terjadi,” kata Menhub saat konferensi pers di Posko Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama), Kamis (11/4/2024).

Selain itu, ia turut mengimbau para pemudik agar dapat melangsungkan perjalanan pulang ke daerahnya masing-masing sebelum puncak arus balik yang diprediksi pada hari Minggu dan Senin.

Hal ini, kata Budi, serupa dengan yang Presiden Joko Widodo (Jokowi) sampaikan bahwa pemudik dianjurkan untuk pulang ke tempat asalnya pada hari Jumat besok, atau Sabtu mendatang.