Logo Bloomberg Technoz

Selanjutnya, travel tidak resmi Gran Max kembali berangkat dari Jakarta pada siang hari untuk mengantar penumpang ke Ciamis, sekaligus menjemput pada Sabtu (6/4/2024). 

Pada Minggu (7/4/2024) pagi, kendaraan tersebut kembali berangkat dari Ciamis menuju Jakarta untuk mengantar penumpang. 

“Setelah itu beristirahat dan pada sore hari berangkat menuju Ciamis untuk mengantar penumpang. Setelah itu pada malam hari menuju Jakarta untuk menjemput dan tiba di Jakarta pukul 00.00 WIB,” ujarnya. 

Pada hari nahas, Senin, kendaraan travel tersebut menjemput penumpang ke Depok pukul 02.00 WIB, menjemput ke Cilebut pada 03.30 WIB dan sekitar pukul 05.30 WIB menjemput kembali ke Bekasi. Lalu, kendaraan berangkat pukul 06.00 WIB menuju Ciamis. 

Selain itu, kelebihan kapasitas (over capacity) juga menjadi salah satu penyebab ketidakstabilan kendaraan.  Sesuai ketentuan, Gran Max maksimal punya kapasitas mengangkut 9 orang, sementara kendaraan tersebut diisi 12 orang, termasuk barang-barang bawaan. 

Adapun, fatalitas korban disebabkan para penumpang yang berada di mobil penumpang tidak menggunakan sabuk keselamatan. 

Menko PMK Muhadjir Effendy memastikan terdapat 12 korban meninggal dunia yang merupakan penumpang minibus Daihatsu GranMax, terdiri dari 7 laki-laki dan 5 perempuan.

Tim Investigator Keselamatan LLAJ KNKT melakukan investigasi terhadap kecelakaan yang terjadi di Tol Jakarta Cikampek KM 58 (Instagram @knkt_ri)

“[Penumpang] GranMax sudah dipastikan jumlah penumpang 12 orang dan semua meninggal, semua meninggal. 7 laki-laki dan 5 perempuan,” ujar Muhadjir dalam keterangannya, Senin.

Identitas 2 dari 12 penumpang GranMax yang meninggal dunia sudah bisa dipastikan berasal dari Ciamis dan Kudus, sementara korban lainnya masih dalam proses identifikasi.

Selain itu, terdapat 1 korban yang mengalami luka ringan dan 1 korban mengalami luka berat yang merupakan penumpang dan kondektur bus.

“Untuk semuanya dari PT Jasa Raharja (Persero) sudah memastikan semua akan di-cover semua untuk asuransinya,” ujar Muhadjir.

Korlantas Polri, Irjan Aan Suhanan mengatakan kecelakaan bermula saat minibus Daihatsu Grandmax berkendara dari arah Jakarta menuju ke timur menggunakan jalur contraflow di tempat kejadian perkara (TKP).

Selanjutnya, kendaraan tersebut oleng ke ke arah kanan sehingga menabrak bus dan satu kendaraan minibus Daihatsu Terios yang berada di belakangnya.

“Ini menurut pantauan sementara dari CCTV itu oleng ke kanan sehingga menabrak bus dan menabrak kendaraan lainnya yang ada di belakang bus,” kata Aan dalam keterangan resminya di RSUD Karawang.

(dov/wep)

No more pages