Logo Bloomberg Technoz

AC Mati di Tengah Penerbangan, Kemenhub Tegur Super Air Jet

Rezha Hadyan
24 March 2023 10:25

Maskapai Super Air Jet. (Dok. Super Air Jet)
Maskapai Super Air Jet. (Dok. Super Air Jet)

Bloomberg Technoz, Jakarta — Kementerian Perhubungan angkat bicara terkait dengan gangguan teknis sistem pendingin udara pada pesawat Super Air Jet dengan nomor penerbangan IU-737 rute Denpasar—Jakarta pada Selasa (21/3/2023) lalu.

Gangguan teknis tersebut membuat penumpang tidak nyaman selama penerbangan, bahkan beberapa di antaranya mengalami dehidrasi. Pesawat membawa 179 penumpang dan 6 kru itu lepas landas pukul 17.55 WITA dari Bandar Udara Internasional I Gusti Ngurah Rai dan akhirnya mendarat di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta pukul 18.40 WIB. 

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Maria Kristi Endah Murni mengatakan otoritas perhubungan mendapatkan informasi pesawat tersebut mengalami gangguan teknis pada sistem pengatur tekanan udara. 

"Sehingga suhu udara di dalam kabin pesawat tinggi dan membuat penumpang menjadi tidak nyaman karena kepanasan," katanya melalui keterangan resmi, dikutip Jumat (23/3/2023).

Kristi menyebut telah menginstruksikan direktorat terkait, yakni Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara untuk memberikan teguran kepada Super Air Jet atas permasalahan tersebut. Selain itu, akan dilakukan inspeksi lebih lanjut untuk memastikan pesawat yang mengalami gangguan teknis itu aman digunakan kembali.