Logo Bloomberg Technoz

Selain itu, pihaknya juga meminta kepada Dinas Koperasi, UKM dan Perdagangan (Diskopumdag) Tuban untuk memastikan jumlah ketersediaan LPG sesuai dengan distribusi Pertamina dengan harga jual yang juga sudah ditentukan.

Menurut Lindra, sapaan Bupati Tuban, pihaknya akan melakukan operasi pasar ketika ada oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan kesempatan tersebut.

Gas LPG 3 kg. (Dok. Pertamina)


Terpisah, Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya juga memastikan stok Elpiji 3 kg aman jelang Idul Fitri 1445 H.

"Berdasarkan pantauan kami stok masih aman. Memang pemakaian meningkat karena banyak masyarakat aktivitas memasaknya meningkat dan banyak juga yang mencari rezeki di bulan suci ini. Namun masih aman sampai lebaran nanti," kata Cak Ji, sapaan akrabnya.

Cak Ji menyebutkan HET gas elpiji 3 kg masih tetap yakni Rp16.000 per tabung, sementara kenaikan harga berpotensi terjadi di sekitar pengecer.

Tidak hanya dari pemerintah, masyarakat dan pengguna LPG pun menyatakan stok LPG 3 kg mudah didapatkan di sepanjang Ramadan dan Idulfitri tahun 2024.

Pariyanti, yang merupakan pengusaha warung di kawasan Pasar Burung selatan Stadion Yosonegoro Magetan, mengeklaim bahwa LPG 3 kg mudah untuk didapatkan dengan harga yang terjangkau. 

‘’Saya beli di pangkalan karena lebih murah. Selain untuk kegiatan rumah tangga, saya juga pakai elpiji ini untuk warung makan kecil-kecilan,’’ terangnya.

Adapun, PT Pertamina Patra Niaga telah menambah pasokan LPG atau elpiji 3 kilogram. 

Jumlah pasokan LPG 3 kilogram (kg) tersebut sebanyak 22.087 Metrik Ton atau setara dengan 7.36 juta tabung untuk mengantisipasi peningkatan kebutuhan masyarakat di bulan Ramadan dan Idulfitri 1445H, 

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga Irto Petrus Ginting menyatakan masyarakat tidak perlu khawatir karena stok dan penyaluran LPG secara nasional dalam kondisi aman dan lancar.

"Pertamina Patra Niaga berkomitmen untuk menjamin ketersediaan LPG untuk memenuhi kebutuhan masyarakat merayakan Idulfitri 1445 H," tegas Irto.

Pertamina Patra Niaga menghimbau masyarakat untuk menghubungi Call Centre 135 jika menemukan kendala harga maupun ketersediaan BBM dan LPG di wilayahnya.

Keluhan Masyarakat Sulit Dapat LPG 3 Kg

Beberaga warganet di sosial media X mengeluh lantaran stok LPG 3 Kg sulit untuk didapatkan, seperti di Jember. 

“Ini Jember kenapa langka deh gas LPG 3 kg,” ujar akun @Shfraindy. 

Sementara itu, terdapat warganet yang mengeluhkan harga LPG 3 Kg yang melampaui HET dan mencapai Rp40.000. 

“Gila sih gas LPG 3 Kg [dijual] Rp40 ribu,” tulis akun @fhaturrahman09.

(dov/wdh)

No more pages