Logo Bloomberg Technoz

Pelabuhan Merak Membeludak, Menhub Sebut Penumpang Tak Tertib

Azura Yumna Ramadani Purnama
08 April 2024 13:40

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator PMK, Kapolri, dan Panglima TNI meninjau Pelabuhan Merak. (Dok. Kemenhub)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri Koordinator PMK, Kapolri, dan Panglima TNI meninjau Pelabuhan Merak. (Dok. Kemenhub)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyebut antrean kemacetan yang terjadi di pintu masuk menuju Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten disebabkan ketidaktaatan pemudik.

Dalam hal ini, dia membandingkan soal ketertiban pemudik yang menggunakan kereta api dibandingkan dengan pengguna kapal laut.

“Yang terakhir Merak, seperti yang disampaikan Pak Presiden terdapat jumlah yang melebihi dan mohon maaf ketidaktaatan masyarakat pengguna,” kata Budi dalam keterangan resminya, setelah melakukan peninjauan di Stasiun Pasar Senen, Senin (8/4/2024).

Budi Menjelaskan, para pemudik yang menggunakan kereta api sebelumnya telah membeli tiket dan datang ke stasiun sekitar dua jam sebelum pemberangkatan.

Sebaliknya, para pemudik yang menggunakan kapal laut, masih terdapat beberapa di antaranya yang memaksakan ke pelabuhan meskipun belum memiliki tiket. Selain itu, ada juga beberapa pemudik yang berangkat ke pelabuhan satu hari sebelum pemberangkatan kapal.