Logo Bloomberg Technoz

"India memberikan bantuan, baik itu sereal maupun minyak bagi 800 juta orang dengan anggaran Rp2.200 triliun dan ini juga dilakukan September-November tahun lalu. Filipina memberikan bantuan tunai untuk 2,3 juta petani. Ini akibat El Nino setara dengan RP3,47 triliun pada September 2023."

Airlangga menambahkan untuk Indonesia bansos atau perlinsos juga dilakukan. Misalnya bantuan pangan diberikan kepada 22 juta orang atau 7,9 persen lebih rendah dari Malaysia yang mencapai 25,6%.

“Pelaksanaan Perlinsos melalui bantuan sosial antara lain program pemerintah yang terdiri dari pertama bantuan sosial reguler. Kedua, bantuan lainnya dan ketika dalam kondisi tertentu,” jelas Airlangga.

Informasi saja, pemerintah menggelontorkan Perlinsos mencapai Rp496 triliun. Hal ini sudah melalui kesepakatan dengan DPR.

Alokasi anggaran tersebut dibagi dalam tiga program, yaitu subsidi, bantuan sosial dan jaminan sosial. Subsidi diberikan untuk subsidi energi seperti BBM hingga listrik, juga pupuk. Bantuan sosial dialokasikan pada program keluarga harapan, sembako, hingga Kartu Indonesia Pintar. Sementara jaminan sosial dialokasikan pada bantuan iuran bagi peserta BPJS Kesehatan dengan penerima bantuan iuran sekitar 98 juta jiwa.

(roy/ain)

No more pages